7 Kesalahan Saat Menerapkan SEO

No comment 193 views

Memiliki blog atau website? Kalian bisa memanfaatkannya loh untuk penghasilan tambahan, caranya mudah yaitu dengan memastikan konten di blog atau website menarik dan up-to-date sehingga banya netizen yang berkunjung ke blog atau website. Selain itu, pastikan blog atau website menerapkan teknik search engine optimalization (SEO) sehingga mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Kesalahan Saat Menerapkan SEO

Jika menerapkan SEO secara tepat, blog atau website kita akan selalu muncul di rangking tertinggi hasil mesin pencari. SEO menggunakan algoritma untuk menyusun peringkat website atau blog dan hanya website atau blog yang sesuai dengan algoritma yang ditempatkan di urutan teratas.

Kesalahan-kesalahan dalam SEO

Menerapkan SEO untuk blog atau website itu susah-susah gampang, berikut ini beberapa kesalahan yang acap kali terjadi saat menerapkan SEO, yaitu:

  • Separuh-separuh dalam belajar SEO

Sebaiknya kalian belajar SEO secara bertahap, pelajari dasar-dasar SEO secara baik dan sempurna sebelum mengambil SEO tingkat lanjut. Pada saat belajar kalian perlu memahami secara utuh apa tujuan penggunaan SEO, bagaimana logika SEO sehingga bisa terdeteksi oleh mesin pencari.

  • Tidak melakukan riset keyword

Sering kali kita lupa untuk melakukan riset keyword sebelum menerapkan SEO untuk website atau blog padahal hal ini merupakan sebuah keharusan karena dari hasil riset bisa diketahui kata-kata apa yang sedang populer dan banyak dicari oleh netizen. Penggunaan keyword yang tepat akan meningkatkan angka kunjungan netizen ke blog atau website.

  • Asal dalam membuat konten

Website atau blog yang berkualitas memiliki konten yang dibuat secara serius dan profesional, sebuah konten yang menarik sehingga mengundang netizen untuk datang dan membaca. Perlu diingat bahwa salah satu hal yang diperhitungkan dari algoritma mesin pencari adalah trafik blog atau website, semakin bagus sebuah konten dari blog atau website semakin tinggi trafiknya.

  • Kurang memaksimalkan meta data dan judul

Pakar SEO yang baik harus mampu memanfaatkan seluruh fitur yang tersedia untuk mengoptimalkan SEO dari blog dan website. Sering kali kita lupa untuk menulis deskripsi yang baik di meta data dan judul sehingga tampilan website di mesin pencari menjadi tidak lengkap dan tidak menarik untuk pengunjung.

  • Asal menggunakan underline, italic, dan bold

Sering kali para pemula yang baru mempelajari SEO menggunakan underline, italic, dan bold secara berlebihan dan tidak pada tempatnya, padahal penggunaan hal-hal tersebut secara berlebihan tidak akan berpengaruh kepada peringkat di mesin pencari yang ada malahan menggangu kenyamanan saat tulisan di website atau blog sedang dbaca, sebagai Pakar SEO Hindari praktik berlebihan seperti ini!

Baca juga: Apa Itu Seo Friendly? Ini Dia Pengertian SEO Friendly

  • Loading lambat

Jangan asal memilih infrastruktur website atau blog! Jika salah memilih bisa jadi website atau blog milik kalian akan memiliki kecepatan loading yang rendah sehingga mempengaruhi peringkat kalian di mesin pencari. Untuk mempercepat loading bisa dilakukan dengan cara mengurangi penggunaan widget-widget, kurangi juga hal-hal tidak penting lainnya yang berpotensi mengurangi kecepatan loading website atau blog kalian.

  • Tidak Mobile Friendly

Mobile Friendly website atau blog sudah menjadi kebutuhan karena hampir sebagian besar masyarakat di dunia mengakses internet menggunakan telepon pintarnya dan mulai meninggalkan desktop komputer. Mesin pencari biasanya akan menyingkirkan website atau blog yang tidak Mobile Friendly.

Itulah tujuh kesalahan yang tidak boleh dilakukan oleh Pakar SEO. Jangan sampai kesalahan-kesalahan ini dilakukan sehingga penerapan SEO yang dilakukan tidak efektif dan efisien.
Selamat mencoba!!

Tags:
author
Author: