Cara Efektif Untuk Mencari Tahu Pemilik Domain Website

No comment 332 views

cara mengetahui pemilik domain website

Website yang bagus dan lengkap dengan berbagai informasi yang bermanfaat, kadang menggugah rasa penasaran kita untuk mengetahui siapa sebenarnya pemiliki website tersebut.Untuk model blog yang mencantumkan pemilik blog pada tampilannya, hal ini tentu tidak menjadi masalah. Namun bagaimana jika tidak ada keterangan pemiliki blog pada websitenya, lalu bagaimana cara mengetahui pemilik domain website tersebut?

Untuk orang-orang yang mungkin sudah terbiasa bergelut dengan dunia internet, khususnya programing, hal ini tentu saja adalah perkara remeh. Mereka dengan mudah dapat menemukan sang pemilik website hanya dalam hitungan detik atau menit saja.

Namun bagi orang awam yang mungkin tidak begitu familiar dengan hal tersebut, tentu saja ini akan sangat membingungkan.

Untuk itu berikut akan kita bahas cara paling sederhana untuk mengetahui siapa sebenarnya pemilik domain sebuah website yang mungkin sedang kita kunjungi.

Langkah dan Cara Mengetahui Pemilik Domain Website dengan Mudah

Sebenarnya proses pengecekan siapa sebenarnya pemilik sebuah domain website itu gampang. Seseorang atau kita tinggal mengunjungi beberapa website populer yang memang secara khusus menyediakan jasa pelacakan identitas domain.

Setelah masuk pada situs tersebut, langkah selanjutnya tinggal memasukkan domain yang ingin diketahui pemiliknya. Dan setelah di-submit, biasanya website penyedia jasa pelacakan akan menampilkan identitas pemilik domain tersebut.

Beberapa situs penyedia pelacakan domain website yang populer antara lain sebagai berikut;

  • www.whois.sc
  • www.whois.net
  • Whois.domaintools.com
  • www.betterwhois.com
  • www.iwebtool.com/whois
  • Dan lain-lain

Cara Melacak Pemilik Sebuah Domain Sebuah Website

Cara Melacak Pemilik Sebuah Domain Sebuah Website

Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya, cara ini sangat gampang sekali. Kita tinggal memilih salah satu situs layanan penyedia jasa pencari tahu pemilik domain website dan melacaknya dari sana. Secara sederhana hal ini hanya terdiri dari empat tahap saja;

  • Masuk ke salah satu website pencari tahu pemilik domain website, misalnya whois.domaintools.com.
  • Masukkan alamat domain website yang ingin diketahui data pemiliknya, kolom ini umumnya sudah tersedia pada halaman depan website.
  • Tekan enter atau submit
  • Dan semua data tentang domain yang diinginkan akan muncul. Data ini misalnya meliputi waktu domain tersebut dibuat, kapan ia terakhir di update, serta kapan masa berlakunya habis, dan sebagainya.

Meskipun demikian mudah prosesnya, namun tidak semua domain sebuah website dapat diketahui pemiliknya dengan mudah pula. Karena ada juga beberapa situs atau website yang statusnya privasi sehingga data yang ditampilkan hanya sebatas data umum saja.

Dan biasanya aktivitas penelusuran siapa pemilik sebuah domain website ini digunakan untuk tujuan tertentu misalnya penyelidikan tindak penipuan online, dan lain sebagainya.

Akan tetapi kadang yang menjadi persoalan, bahwa tidak sulit juga bagi beberapa oknum yang melek teknologi untuk memalsukan data mereka saat mendaftarkan sebuah domain website. Beberapa situs jasa penyedia domain kadang tidak mengharuskan adanya verifikasi data yang akurat untuk setiap pengguna jasa mereka.

Dan celah ini kemudian dimanfaatkan oleh oknum yang nakal tersebut. Dan hasilnya, meskipun kita sudah tahu cara mengetahui pemilik domain website, namun data yang ditampikan justru adalah data fiktif.

author
Author: