Ini Dia Cara Mudah Menggunakan Google Web Master Tools

No comment 2703 views

Bagi pengelola situs web, menempatkan situsnya di peringkat satu search engine (mesin pencari) adalah ‘anugerah terindah yang pernah dimiliki’. Begitu kira-kira ungkapan tepatnya. Engagement yang tinggi tentunya menarik perhatian pengunjung untuk klik situs yang dimaksud. Simpelnya, ketika seseorang mengetik kata kunci di mesin pencari untuk menemukan sesuatu, secara otomatis mereka akan mengklik situs teratas alias peringkat pertama dari hasil pencarian.

Cara menggunakan google web master tools

Source via bisnisonlinetop1.blogspot.com

Jarang sekali peringkat bawah pada halaman pertama tersentuh kursor pengunjung, kecuali jika memang si pengunjung butuh pendapat kedua dari situs yang berbeda. Peringkat bawah saja jarang diklik, apalagi jika websitemu menduduki halaman kedua dan seterusnya. Nah, mengakali hal tersebut, biasanya pengelola jasa backlink menggunakan fitur-fitur tertentu untuk membantu trafik kepopuleran websitenya. Untuk meningkatkan jumlah visitor, website developer bisa melakukan beberapa usaha, misalnya memaksimalkan penggunaan Google Web Master Tools.

Mari Berkenalan dengan Google Web Master Tools

Google Web Master Tools

Source via : gweone.com

Tool kepunyaan Google ini juga dikenal sebagai google search console, merupakan alat yang digunakan untuk memonitor dan membantu perkembangan website Anda dalam meningkatkan trafiknya. Fitur ini juga dapat membantu Anda menampilkan data laporan performa website secara akurat dan meningkatkan rangking (page rank) di hasil mesin pencari.  Asiknya lagi, tool ini gratis loh. Jadi, Anda bisa memanfaatkannya tanpa harus merogoh kocek.

Pada tahun 2018, Google Web Master Tools meluncurkan fitur-fitur yang bisa memudahkan Anda mengevaluasi kinerja website dan tentu saja meningkatkan popularitas website yang Anda kelola. Berikut beberapa fitur yang dimaksud antara lain.

  • Anda bisa mengintip laporan analisa visitor, halaman mana saja yang paling sering diakses, seberapa banyak impresi yang diraup bahkan jumlah klik per bulannya,
  • Memanfaatkan fitur crawling dengan menambahkan link tertentu yang masih berkaitan dengan website agar Google mengetahui perbedaan isi website Anda dengan website lain.
  • Apabila website Anda bermasalah, maka pihak Google akan menginformasikan masalah tersebut via e-mail.

Cara Menggunakan Google Web Master Tools

Sebelum menggunakan fitur kepunyaan Google ini, tentunya Anda harus mendaftarkan terlebih dahulu. Berikut Cara Menggunakan Google Web Master Tools:

  1. Pastikan Anda telah memiliki akun Google yang aktif. Lalu Sign In
  2. Tahap selanjutnya, Anda harus memasukkan link website pada kolom yang tersedia untuk diproses lebih lanjut.
  3. Selanjutnya verifikasi website dengan memilih salah satu metode yang ditawarkan Google, di antaranya Recommended method atau Alternate method. Salin kode yang disediakan.
  4. Jika menggunakan Blogger, silahkan ke dashboard lalu klik menu Template, kemudian klik edit HTML. Paste kode yang telah disalin tadi ke bawah tag dan simpan perubahan.
  5. Jika menggunakan WordPress, klik HTML tag, kemudian aktifkan langsung Google Web Master Tools.
  6. Langkah terakhir, memastikan bahwa tool milik google tersebut berhasil dengan melakukan verifikasi. Jika muncul kolom ownership auto verified, klik done sebagai tanda prosedur telah terpenuhi.
author
Author: