Bingung Mencari Cara Riset Keyword yang Menarik? Simak Tips-Tipsnya Berikut

Sedang dalam usaha mengembangkan blog atau website? Sebelum terjun lebih jauh, yuk kenali tips-tips meriset keyword agar sesuai dengan konten yang Anda buat. Keyword yang menarik tentunya membawakan Anda banyak visitors. Berikut beberapa tips di antaranya.

cara riset keyword

Source via : slayingsocial.com

Posisikan Anda sebagai Calon Visitor

Tips pertama ini menjadi dasar dalam meriset keyword. Artinya, semua orang wajib melakukannya. Pada tahap ini Anda diminta untuk melakukan brainstorming terlebih dahulu. Berdasarkan fenomena yang sedang marak dan kesesuaian dengan konten yang ingin Anda muat, kira-kira keyword apa yang cocok untuk menggambarkannya. Agar lebih mudah, cobalah memosisikan diri Anda sebagai calon visitor untuk blog atau website Anda.

Berada pada posisi tersebut membuat Anda tahu kira-kira keyword apa yang Anda sebagai calon visitor cari pada kolom mesin pencarian. Cara riset keyword paling mudah, bukan? Anda dapat melakukan ini di mana pun dan kapan pun. Cara ini sekaligus menjadi tahapan awal apabila Anda ingin menggunakan tools untuk bantuan riset.

Fokuslah pada Long Tail Keyword

Apa itu long tail keyword? Long tail keyword merupakan kata kunci yang jumlah katanya terdiri empat kata atau lebih. Jumlah ini bisa tergolong panjang dan amat cocok bagi Anda yang baru saja mengembangkan blog atau website baru. Hal ini karena long tail keyword memungkinkan website Anda masuk ke dalam halaman utama mesin pencarian Google dan tak banyak orang yang menggunakannya.

Selain itu, cara riset keyword dengan memusatkan pada long tail keyword juga menyajikan informasi yang spesifik dan terstuktur. Maka tak heran, pembaca lebih menyukai ini dan perhatian mereka terpusatkan pada konten yang Anda muat dalam blog atau website.

Buang Keyword dengan Persaingan yang Tinggi

Tips ini amat cocok diterapkan bila Anda baru-baru ini mengembangkan blog atau website. Sebelum Anda membangun blog sendiri, sudah ada ribuan blog yang dibuat dan masing-masingnya memiliki ciri khas tersendiri, termasuk keyword yang mereka gunakan. Oleh karena itu, singkirkan keyword yang sudah sering digunakan dan memiliki daya saing tinggi.

Umur blog yang baru saja Anda buat masih blog baru, di mana masih kalah dengan blog lainnya yang muncul terlebih dahulu. Bila Anda memaksa menggunakan keyword dengan pesaing yang tinggi, maka blog atau website Anda tak akan muncul pada halaman pertama mesin pencarian.

Waktunya Gunakan Tools

ubersuggest

Source via : helloinez.com

Dewasa ini, cara riset keyword semakin dipermudah dengan munculnya tools, baik itu gratis maupun berbayar. Tools ini membantu Anda dalam mencari keyword yang cocok dengan konten pada blog atu website. Selain itu, tools ini memberikan informai mengenai tren keyword yang sedang dicari, informasi mengenai volume pencarian, tingkat persaingan, hingga tujuan. Contoh tools ini antara lain Ubersuggest, Keyword Tools, Google Suggest, KWFinder, dan masih banyak lagi lainnya. Tentu masing-masing di antaranya memiliki kelebihan dan kekurangan

author
Author: