Mengenal Jenis-jenis Lantai Vinyl, Motif Beragam

No comment 59 views

Pemilihan jenis lantai yang akan digunakan dalam suatu bangunan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Pasalnya, hal tersebut dapat memengaruhi penampilan serta nilai guna ruangan.

Jenis lantai yang dapat digunakan dalam suatu bangunan pun cukup beragam, mulai dari lantai vinyl, keramik, dan juga marmer. Saat ini, jenis lantai yang cukup banyak digunakan pada rumah dengan desain modern adalah lantai vinyl.

Salah satu alasan utama diminatinya jenis lantai ini dipengaruhi oleh pilihan motif beragam yang ditawarkan. Hal ini juga menjadikan popularitas lantai berbahan keramik mulai tergantikan dengan lantai vinyl.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Lantai Vinyl

Kelebihan lantai vinyl

Kelebihan lantai vinyl dibanding jenis lantai lain seperti keramik terletak pada beberapa hal, salah satunya adalah harganya. Lantai vinyl memiliki harga yang lebih murah dibandingkan lantai berbahan keramik ataupun marmer. Selain itu, lantai vinyl juga dapat dengan mudah ditemukan diberbagai toko online ataupun offline.

Namun, pembelian lantai vinyl melalui online akan memberikan kelebihan tersendiri, yaitu anda dapat dengan mudah menemukan beragam lantai vinyl murah dengan mudah. Motif lantai vinyl yang dijumpai juga akan lebih banyak, sehingga anda dapat dengan mudah memilih motif lantai yang sesuai dengan tema ruangan yang akan diciptakan.

Tekstur lantai vinyl tidak sekeras lantai berbahan keramik, sehingga akan membuatnya lebih nyaman untuk dipijak. Selain itu, proses pemasangan lantai vinyl juga tergolong lebih mudah dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Hal ini tentu saja akan mempersingkat waktu pemasangan lantai. Lantai vinyl juga memiliki daya tahan yang cukup baik, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kekurangan lantai vinyl

Meski lantai vinyl memiliki banyak kelebihan, namun jenis lantai ini juga memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah mudah rusak jika terkena goresan benda tajam. Kerusakan ini biasanya terjadi ketika memindahkan beberapa furnitur dengan cara digeser.

Jika lantai vinyl rusak, anda tidak bisa membelinya 1 lembar saja, melainkan harus membeli 1 dus lantai vinyl dengan motif serupa. Sehingga dengan kata lain, anda akan perlu mengeluarkan biaya ekstra jika jenis lantai ini rusak. Agar lantai vinyl tidak rusak, anda dapat melapisi bagian bawah kaki furnitur dengan karet ataupun busa. Cara pemindahan furnitur juga sebaiknya dilakukan dengan cara mengangkatnya bukan menggesernya.

Jenis-jenis Lantai Vinyl

Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan lantai vinyl, berikut akan kami sajikan informasi mengenai beberapa jenis lantai vinyl.

1. Lantai vinyl plank

Lantai Vinyl

Lantai vinyl plank terbuat dari bahan polycarbonate dan berbentuk persegi panjang dengan pilihan ukuran ketebalan 2-3 mm. Jenis lantai vinyl ini cocok digunakan bagi anda yang ingin membangun rumah dengan tema alam.

Pasalnya, tampilan lantai kayu yang disajikan dapat membuat rumah anda terlihat lebih natural dan menyatu dengan alam. Menariknya, anda juga dapat memilih tekstur permukaan lantai yang berbeda.

Jika menginginkan permukaan lantai yang tidak licin dan memiliki tekstur menyerupai lantai kayu, anda dapat menggunakan lantai vinyl plank dengan permukaan berjenis embossed. Namun, anda juga dapat memilih lantai vinyl plank dengan permukaan berjenis non-embossed untuk mendapatkan permukaan lantai yang halus dan licin.

2. Lantai vinyl roll

Lantai Vinyl

Lantai vinyl roll juga terbuat dari polycarbonate, namun jenis lantai ini tersedia dalam bentuk gulungan, seperti karpet. Lantai ini memiliki ukuran 2×25 m dengan varian ketebalan yang berkisar antara 0,5-2,2 mm.

Motif yang disediakan oleh jenis lantai ini juga cukup beragam. Tingkat kelenturan lantai ini juga cukup tinggi, sehingga anda tidak perlu khawatir akan terjadi kerusakan pada saat menggulungnya. Meski demikian, proses pemasangan jenis lantai ini dinilai lebih sulit jika dibandingkan dengan lantai vinyl plank.

3. Lantai vinyl tile

Lantai vinyl tile memiliki bentuk persegi dengan ukuran 30-50 cm dan pilihan ketebalan 1,5-3 mm. Harga jenis lantai ini juga terjangkau. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang menggunakan lantai vinyl murah dari griyainterior.co.id ini pada rumah mereka.

Jenis lantai ini memiliki tampilan yang menyerupai lantai berbahan keramik dan mempunyai beragam motif. Oleh karena itu, penggunaannya akan sangat cocok bagi anda yang menginginkan tampilan lantai keramik namun dengan karakteristik lantai vinyl.

author
Author: