4 Tips Penulisan Artikel SEO

No comment 59 views

Menjadi seorang penulis artikel begitu diminati saat ini, khususnya bagi mereka yang memang memiliki hobi menulis. Namun, profesi sebagai penulis sendiri terbagi menjadi berbagai macam yang dinilai dari jenis karyanya; ada yang menghasilkan buku, cerpen, puisi, roman, jurnal, hingga artikel SEO. Berbagai tulisan tersebut memiliki sistematika penulisannya masing-masing. Pada kesempatan ini, khususnya dalam bahasan jasa penulis artikel, akan dijelaskan mengenai tips-tips dalam menulis artikel SEO.

Berikut 4 Tips Ampuh dalam Penulisan Artikel SEO

Tips Penulisan Artikel SEO

1. Lakukan riset mengenai audiens Anda

Selain sistematika penulisan, ada satu hal yang sering kali dilupakan oleh para penulis artikel SEO, yakni mencocokkan gaya penulisan yang sesuai dengan minat pembaca di internet. Perlu digarisbawahi, teknik writing dalam artikel bisa dibilang berbeda dengan penulisan buku pada umumnya.

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan oleh para audiens yang sedang mencari informasi di internet biasanya akan lebih memilih artikel yang memuat data to the point atau dengan kata lain tidak bertele-tele.

Sebagai seorang penyedia jasa penulis artikel SEO, ada baiknya kita menggunakan format H1 H2 H3, agar para pembaca bisa dengan mudah mengetahui mana yang merupakan sub bab atau subsub bab bahasan.

Ada satu contoh memprihatinkan yang sering kali dirasakan oleh penulis pemula. Yakni ketika ia membandingkan tulisannya dengan artikel milik orang lain, yang di mana memiliki jumlah kata yang sama namun dengan tingkat ketertarikan audiens yang lebih banyak.

2. Jangan menulis dengan terlalu banyak baris dalam satu paragraf

Banyak hasil riset yang menunjukkan bahwa rata-rata audiens akan semakin berkurang ketertarikannya dengan artikel yang dibaca seiring ia men-scroll layar hp-nya ke bawah. Fenomena ini disebut dengan istilah F-shaped pattern.

Bagaimana cara mengatasi hal demikian? Pertama-tama, perlu diketahui dulu apa yang menyebabkan munculnya pola tersebut. Salah satu faktor yang paling mempengaruhi adalah banyaknya jumlah baris dalam satu paragraf. Idealnya, untuk penulisan artikel SEO sebaiknya digunakan tiga baris saja, tidak lebih dari itu.

Malahan, semakin banyak baris yang Anda taruh di dalam satu paragraf, maka akan semakin berkurang pula minat pembaca akan artikel yang Anda buat.

3. Gunakan judul yang menarik dan tidak bertele-tele

Sebagaimana dijelaskan di awal, teknik penulisan buku biasanya akan lebih mengutamakan aturan karya tulis ilmiah dibanding sekadar memancing rasa penasaran pembaca. Berbeda dengan teknik dalam cara menulis artikel seo friendly yang lebih mengutamakan ketertarikan dan kepuasan audiens dalam membaca tulisan .

Gunakanlah judul yang kiranya memancing orang-orang untuk membaca tulisan Anda; judul yang menarik tidaklah harus bertele-tele atau pun kepanjangan. Pasanglah judul yang menarik (clickbait) namun tetap menggambarkan isi artikel yang Anda buat.

4. Meningkatkan kualitas artikel dengan memperbanyak referensi

Artikel yang minim referensi biasanya lebih pantas disebut hasil contekan daripada tulisan. Mengakuisisi karya orang lain sama halnya dengan mengarang artikel tanpa didasari oleh satu referensi pun.

Pembaca tentunya membutuhkan artikel yang memuat informasi padat, jelas, dan valid isinya. Seorang penulis sudah seharusnya memperbanyak referensi atau bacaannya, sehingga artikel yang ia tulis tidak mudah terdeteksi sebagai hasil plagiasi atau sekadar karangan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan isinya (sebab informasi yang terkandung di dalamnya tidak valid).

Demikianlah tadi beberapa Tips Penulisan Artikel SEO yang dapat diterapkan dalam jasa penulis artikel SEO. Ingatlah bahwa saat ini artikel yang human-friendly secara otomatis atau paling tidak kemungkinan besar sudah termasuk dalam kategori SEO Friendly.

author
Author: